Wednesday, April 4, 2007

Wulan Guritno dan Suster N



Wulan Guritno yang menjadi pemeran utama film SUSTER N menyatakan motivasinya bermain dalam film ini karena karakter yang ditawarkan padanya disini sangat berbeda dengan peran-peran yang pernah ia mainkan sebelumnya. "Dan juga karena pertimbangan tema cerita yang berbeda," jelas wanita cantik bernama lengkap Wulan Lorainne Guritno tersebut.

Mengenai jenis film SUSTER N yang horor ternyata juga mendapat perhatian khusus dari Wulan Guritno. "Genre film horor itu sendiri pun beragam jenisnya," tambah Wulan, "kalau menurut saya SUSTER N ini berjenis horor yang mengarah pada thriller sehingga membuat penonton mampu merasa juga diajak berpikir. Selain itu ada cerita yang kuat sebagai latar belakangnya sehingga segala sesuatu yang terjadi di sini for a reason, jadi bukan dipaksakan atau diada-adakan." Lebih lanjut Wulan mencermati fenomena film ber-genre horor yang sedang digemari insan film Indonesia. "Memang sedang zamannya," kata Wulan." Tapi jangan juga latah bikin yang begitu-begitu saja, sebaiknya juga bikin horor yang 'beda'". Sebagai penutup Wulan menandaskan keyakinannya bahwa film SUSTER N akan memberi kontribusi positif bagi perfilman Tanah Air. Katanya, ”Aku yakin film SUSTER N akan memberi warna yang berbeda dari film horor yang sedang merebak di Indonesia”.

2 comments:

mamadivina said...

Hai....
Selamat dan salut deh buat Viva yang berhasil bikin film horor yang bernuansa "beda" dari horor2 Indonesia kebanyakan.... saya rasa Suster N ini satu dari sedikit (banget) film Indonesia yang cukup punya kualitas. Gak cuma asal nakut2in penonton tapi sekaligus membodohi penonton.
Tapi ada beberapa point adegan yang saya agak2 bingung neh.... adakah yang bisa menjelaskan?
1. Kalo memang tokoh Wulan itu memang hantu Suster Norah yang menyamar jadi manusia, kenapa ada adegan di mana dia ketakutan melihat bayangan hantu di cermin dalam kamarnya sendiri? Lah... bukannya hantu itu adalah dia sendiri?
2. Kalo memang para oma-opa yang tinggal di Panti Jompo "Rose" itu adalah jelmaan hantu juga, kenapa Ade Irawan (salah satu Oma di situ) mesti kaget waktu lagi sendirian menyulam di kamarnya, tau2 didatengin si Suster ngesot? Lah, bukannya itu temen dia sendiri (sama2 hantu)? Kalo maksudnya untuk mengelabui Sarah & Jo, kan waktu itu di ruangan itu gak ada mereka, gak ada yang liat kecuali Oma Ade Irawan itu sendiri?
3. Yang paling saya bingung nih... di adegan2 terakhir waktu terungkap semua jati diri Suster Ngesot dan para penghuni vila, kan ada ilustrasi flahback di mana Sarah 2 hari belakangan bertingkah aneh, teriak2... tapi itu gak dijelaskan lebih lanjut. Waktu itu Sarah siap2 mo pulang ke Jakarta & menyobek kalender bertanggal 29, trus dia masuk ke ruang perpustakaan yang selama ini ditutup, trus nemuin foto, ketemu suster ngesot, tau2 dia pingsan dan dibangunin ibunya, tau2 dah tanggal 31... Nah, koq udah 2 hari ya dia pingsan, kemana aja dia selama 2 hari itu, trus koq gak ada penjelasannya maksud dari selang "2 hari" itu? Atau emang saya yang lemot?
4. Trus... misi pada akhir ceritanya sebetulnya apa, apakah cuma dengan berhasilnya para hantu mengusir Sarah, Jo & Maya dari vila itu? That's all?
Kalo emang dari awal ibunya Sarah dah tau kisah asal usul hantu di Vila Rose, knapa sih gak dari awal aja dia kasih tau Sarah tentang sejarah vila itu, logikanya kan begitu, daripada dia ngebiarin Sarah mesti dikejar2 setan, stres & mulai gila & hampir2 kehilangan suaminya direbut suster N, trus baru deh sang ibu muncul di saat2 terakhir & jelasin semuanya. Koq aneh aja ngebayanginnya....

Ok deh... itu aja koment saya.. selebihnya, film ini OK koq.

SUSTER N said...

Thanks Pink Bunny atas apresiasi dan komentarnya atas film SUSTER N.

Ini SPOILER alert ya, jangan dibaca bagi yang belum menonton.

1. Sebenarnya Wulan tidak ketakutan melihat hantu Suster Ngesot, melainkan ia takut pada "hantu" yang lain.

2. Sarah dan Joe harus diyakinkan bahwa apa yang mereka alami itu (termasuk kematian Oma) adalah sesuatu yang "nyata".

3.Setelah menyobek kalender tgl 29 itu, Sarah masuk ke ruang tua di vila dan berhadapan dengan hantu Suster. Ketika Sarah berhasil melarikan diri dari ruang tersebut, ia kaget melihat vila sudah kosong dan kalender sudah berganti menjadi tanggal 31. Berarti selama Sarah berada di ruang gelap bersama Suster itu berlangsung selama dua hari. Sementara itu, sewaktu Sarah sedang "bertempur" dengan Suster di ruang gelap itu, Joe berkesimpulan Sarah sudah gila karena meninggalkan dirinya (dan sebelumnya Sarah juga sudah mengusir para penghuni panti itu) sehingga Joe memutuskan untuk menutup panti dan pergi bersama Wulan.
4. Ibu Tince adalah ibu angkat Sarah, ia tidak membiarkan Sarah sendirian melainkan "membekali" Sarah dengan Maya yang punya kekuatan indra keenam. Sarah yang harus menyelesaikan masalah karena Sarah adalah cucu Rose. Norah selama ini terus menghantui keturunan Rose dimana Rose dan ibunya Sarah tewas secara misterius, ibu Tince khawatir, Sarah dan keturunannya juga akan terbunuh. Norah memiliki gelang pemberian neneknya yang bisa membuat Norah berada di dua dunia. Berkat keberanian Sarah, gelang itu terlepas dari tangan Norah. dan berakhirlah teror si hantu Suster. Meski demikian, "hantu" yang lain tetap ada. Itulah hidup, penuh dengan misteri, dan ketidakterdugaan. Kira-kira demikianlah "misi" atau premise film Suster N untuk menjawab pertanyaan Anda yang nomor 4.
Jika ada pertanyaan, masukan dan info lainnya, silakan kirim email ke editor@suster-n.com.

Salam,